Hari Raya Galungan

Hari Raya Galungan

Hari Raya Banyu Pinaruh

Setelah merayakan Hari Raya Saraswati, umat Hindu melanjutkannya dengan melaksanakan prosesi Banyu Pinaruh. Tradisi Banyu pinaruh merupakan upacara yang dilakukan sehari setelah hari raya saraswati. Tujuannya untuk pembersihan dan kesucian diri.

Banyu Pinaruh sendiri berasal kata dari Banyu yang berarti air, dan Pinaruh atau Pengeruwuh berarti pengetahuan.

Pada hari Banyu Pinaruh, biasanya umat membersihkan badan dan keramas di sumber mata air atau di laut.

Prosesi ini bermakna untuk membersihkan kegelapan pikiran yang melekat pada tubuh manusia, dengan Asuci Laksana yang dilaksanakan pada pagi hari.

Momen Banyu Pinaruh inilah jadi kesempatannya, selain untuk membersihkan diri, juga untuk menenangkan pikiran.

Hari Raya Pagerwesi

Hari Raya Pagerwesi jatuh setiap Rabu Kliwon wuku Sinta. Hari ini dirayakan untuk memuliakan Ida Sanghyang Widhi Wasa dengan manifestasinya sebagai Sanghyang Pramesti Guru (Tuhan sebagai guru alam semesta).

Pagerwesi merupakan hari suci umat Hindu yang jatuh setiap empat hari setelah Hari Saraswati.

Pagerwesi itu adalah pemujaan kepada Dewa Siwa dalam manifestasinya sebagai Sang Hyang Pramesti Guru. Hal itu karena guru memiliki fungsi adiluhung sebagai penuntun.

Sampaiyanam/Kain Kautuka Upacara

Upacara ini adalah bagian dari praktik keluarga dalam agama Hindu, di mana seorang anak pertama kali memakai kain dewasa. Ini sering dilakukan pada hari khusus, tergantung pada tradisi keluarga.

IMPLEMENTASI HARI RAYA PAGARWESI DALAM MEMULIAKAN TUHAN

Admin kesrasetda | 29 Maret 2022 | 4763 kali

Berbicara mengenai Pagerwesi, ada banyak tafsiran. Ada yang mengatakan berasal dari dua kata, pager/pagar yang berarti kokoh dan wesi/besi atau kuat. Namun dalam Lontar Sundarigama dijelaskan, Pagerwesi itu adalah pemujaan kepada Dewa Siwa dalam manifestasinya sebagai SanghyangBatara Guru. Mengapa pemujaan kepada guru? Karena guru memiliki fungsi adiluhung sebagai penuntun.

Sebagaimana telah disebutkan dalam lontar Sundarigama, Pagerwesi yang jatuh pada Budha Kliwon Shinta merupakan hari Payogan Sang Hyang Pramesti Guru diiringi oleh Dewata Nawa Sangga. Hal ini mengundang makna bahwa Hyang Premesti Guru adalah Tuhan dalam manifestasinya sebagai guru sejati. Makna yang lebih dalam terkandung pada kemahakuasaan Sanghyang Widhi sebagai pencipta, pemelihara, dan pemusnah, atau dikenal dengan Uttpti, Stiti, dan Pralina atau dalam aksara suci disebut: Ang, Ung, Mang.

Saraswati yang jatuh pada hari terakhir dari wuku terakhir diperingati dan dirayakan sebagai anugerah Sanghyang Widhi kepada umat manusia dalam bentuk ilmu pengetahuan dan teknologi, diartikan sebagai pembekalan yang tak ternilai harganya bagi umat manusia untuk kehidupan baru pada era berikutnya yang dimulai pada wuku Sinta. Rangkaian hari-hari dari Saraswati ke Pagerwesi, mengandung makna sebagai berikut:

1.      Setelah Saraswati, esoknya hari Minggu, adalah hari Banyupinaruh, di mana pada hari itu umat Hindu di Bali melakukan pensucian diri dengan mandi di laut atau di kolam mata air. Pada saat ini dipanjatkan permohonan semoga ilmu pengetahuan yang sudah dianugerahkan oleh Sanghyang Widhi dapat digunakan untuk tujuan-tujuan mulia bagi kesejahteraan umat manusia di dunia dan terjalinnya keharmonisan Trihita Karana, yaitu hubungan yang harmonis antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan sesama manusia, dan manusia dengan alam semesta.

2.      Kemudian esoknya, hari Senin disebut hari Somaribek, yang dimaknai sebagai hari di mana Sanghyang Widhi melimpahkan anugerah berupa kesuburan tanah dan hasil panen yang cukup untuk menunjang kehidupan manusia.

3.      Selanjutnya, hari Selasa, disebut Sabuh Mas, yang juga tidak lepas kaitannya dengan Saraswati, di mana umat manusia akan menerima pahala dan rezeki berupa pemenuhan kebutuhan hidup lainnya, bila mampu menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi di jalan dharma. Pada hari itu umat Hindu di Bali memuja Sanghyang Widhi dalam manifestasi sebagai Mahadewa.

4.      Hari raya Pagerwesi di hari Rabu, yang dapat diartikan sebagai suatu pegangan hidup yang kuat bagaikan suatu pagar dari besi yang menjaga agar ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah digunakan dalam fungsi kesucian, dapat dipelihara, dan dijaga agar selalu menjadi pedoman bagi kehidupan umat manusia selamanya.

Maka dapat dikatakan Pagerwesi  merupakan hari yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang diturunkan melalui para guru. Ilmu pengetahuan itu mengalir, melembaga dalam proses mewujudkan jagadhita. Guru yang harus dihormati dalam hal ini adalah catur guru. Guru Rupaka (orangtua), Guru Pengajian (guru di sekolah), Guru Wisesa (pemerintah) dan Guru Swadyaya (Ida Sang Hyang Widhi).

Dalam Lontar Gong Wesi maupun Usana Dewa ada istilah Siwatma yang distanakan di Kamulan yang menjadi salah satu unsur Batara Hyang Guru. Pemujaan Sang Hyang Atma sebagai Sanghyang Batara Guru adalah pemujaan Guru yang ada dalam diri. Suara Sang Hyang Atma itu tiada lain adalah suara hati nurani. Berguru pada suara hati nurani itu adalah berguru pada Sang Hyang.

Pemujaan Sang Hyang Atma di Kamulan itu adalah untuk membangkitkan daya spiritual untuk berguru pada Tuhan dalam diri yang disebut Sang Hyang Atma. Sedangkan memuja Sanghyang Batara Guru saat hari raya Pagerwesi dalam konsep Hindu Siwa Paksa adalah memuja Tuhan sebagai guru tertinggi di Bhuwana Agung. Pemujaan Batara Hyang Guru di Kamulan dan pemujaan Sang Hyang Paramesti Guru pada hari raya Pagerwesi adalah memuja Tuhan sebagai Guru di Bhuwana Alit dan Guru di Bhuwana Agung. Hal ini hendaknya dilakukan secara seimbang sebagai wujud beragama ke dalam diri (niwrti marga) dan beragama ke luar diri (prawrti marga). Hari raya Pagerwesi sering diartikan oleh umat Hindu sebagai hari untuk memagari diri yang dalam bahasa Bali disebut magehang awak. Nama Tuhan yang dipuja pada hari raya ini adalah Sanghyang Batara Guru. Beliau adalah nama lain dari Dewa Siwa sebagai manifestasi Tuhan untuk melebur segala hal yang buruk. Dalam kedudukannya sebagai Sanghyang Batara Guru, beliau menjadi gurunya alam semesta terutama manusia. Hidup tanpa guru sama dengan hidup tanpa penuntun, sehingga tanpa arah dan segala tindakan jadi ngawur.

Yadnya (Banten) yang paling utama disebutkan pada hari raya Pagerwesi yaitu :

·         Untuk Para Pendeta (Purohita) adalah “Sesayut Panca Lingga” sedangkan perlengkapan  tetandingan bantennya :

·         Suci Pras penyeneng, dan

·         Banten Penek.

o    Meskipun hakikat hari raya Pagerwesi sebagai pemujaan (yoga samadhi) bagi para Pendeta (Purohita) namun umat kebanyakan pun wajib ikut merayakan sesuai dengan kemampuan.

·         Dan Bagi umat kebanyakan yadnya (banten) disebutkan adalah;

o    natab Sesayut Pagehurip,

o    Tentunya dilengkapi Daksina,

o    Dalam hal upacara, ada dua hal banten pokok yaitu

§  Sesayut Panca Lingga untuk upacara para pendeta,

§  dan Sesayut Pageh Urip bagi umat kebanyakan.

Upacara sendiri dimulai dengan menghaturkan persembahan dan persembahyangan di sanggah (candi kecil yang terletak di pekarangan), kemudian berlanjut ke pura di area desa, dan ke pura-pura yang menjadi pura keluarga. Secara umum pelaksanaan persembahyangan yang dilakukan serupa. Namun ada beberapa desa yang terkadang juga melakukan perayaan dengan cara-cara menarik yang lain. Maknanya sendiri sebenarnya adalah sebagai pengingat bahwa manusia yang hidup di dunia harus memiliki keteguhan iman, yang berdasarkan pada pemanfaatan ilmu pengetahuan di jalan kebaikan. Tanpa pengetahuan, umat manusia akan kembali pada zaman kegelapan, dimana semua yang dilakukan terasa sangat sulit.

Pelaksanaan upacara/upakara Pagerwesi sesungguhnya titik beratnya pada para pendeta atau rohaniwan pemimpin agama. Dalam Lontar Sundarigama disebutkan: Sang Purohita ngarga apasang lingga sapakramaning ngarcana paduka Prameswara. Tengahiwengi yoga samadhi ana labaan ring Sang Panca Maha Bhuta, sewarna anut urip gelarakena ring natar sanggah. Artinya: Sang Pendeta hendaknya ngarga dan mapasang lingga sebagaimana layaknya memuja Sanghyang Batara Guru. Tengah malam melakukan yoga samadhi, ada labaam (persembahan) untuk Sang Panca Maha Bhuta, segehan (terbuat dari nasi) lima warga menurut uripnya dan disampaikan di halaman sanggah (tempat persembahyangan). Hakikat pelaksanaan upacara Pagerwesi adalah lebih ditekankan pada pemujaan oleh para pendeta dengan melakukan upacara Ngarga dan Mapasang Lingga. Banten yang paling utama bagi para Purohita adalah Sesayut Panca Lingga, sedangkan perlengkapannya Daksina, Suci Pras Penyeneng dan Banten Penek. Meskipun hakikat hari raya Pagerwesi adalah pemujaanbagi para pendeta (Purohita) namun umat kebanyakan pun wajib ikut merayakan sesuai dengan kemampuan. Banten yang paling inti perayaan Pagerwesi bagi umat kebanyakan adalah natab Sesayut Pagehurip, Prayascita, Dapetan. Tentunya dilengkapi Daksina, Canang dan Sodaan. Dalam hal upacara, ada dua hal banten pokok yaitu Sesayut Panca Lingga untuk upacara para pendeta dan Sesayut Pageh Urip bagi umat kebanyakan.

Dalam kaitan susunan upacara Pagarwesi dimulai dari hari raya Saraswati sebagai hari dimana turunnya ilmu pengetahuan dimana sehari setelah melakukan persembahyangan saraswati umat bakan melakukan mandi di laut sebaai bentuk penyucian diri setelah menerima ilmu pengetahuan agar ilmu yang di dapat dapat di pergunakan untuk tujuan yang baik. hal ini di sebut dengan Banyupinaruh.

Hari raya Pagarwesi dimaknai sebagai siatu pegangan hidup yang kuat, bagaikan suatu pagar dari besi yang menjaga ilmu pengetahuan dabn teknologi yang sudah digunakan dalam fungsi kesucian dapat di pelihara dan dijaga agar selalu pedoman bagi kehidupan manusia selamanya. pengetahuan sejati itulah yang sesungguhnya merupakan "pagar besi" untuk melindungi hidup kita di dunia ini. inti dari perayaan pagarwesi itu adalah memuja Tuhan sebagai guru yang sejati. memuja berarti menyerahkan diri, menghormati, memohon, memuji, dan memusatkan diri.

https://disbud.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/74-makna-rahina-pagerwesi

https://www.suara.com/lifestyle/2021/02/03/210749/hari-raya-pagerwesi-berikut-upacara-dan-makna-di-baliknya

https://pariwisata.denpasarkota.go.id/berita/read/3000

Terdapat tujuh rerainan atau hari raya Hindu berdasarkan perhitungan kalender Bali selama bulan November 2024. Salah satunya Tumpek Kandang atau Tumpek Uye yang jatuh pada 14 Desember 2024. Selain itu, pada bulan ini juga terdapat rahinan Buda Wage Menail yang jatuh pada 18 Desember 2024.

Simak jadwal hari raya Hindu atau rerahinan selama bulan Desember 2024 menurut kalender Bali berikut ini.

Desember 2024, Buda Wage Menail

Buda Wage Menail merupakan hari suci Hindu yang dirayakan setiap 210 hari sekali atau enam bulan sekali. Rerainan ini juga dikenal sebagai Buda Cemeng Menail.

Hari ini dipercaya sebagai payogan dari Sang Hyang Manik Galih yang menurunkan Sang Hyang Ongkara Merta untuk menciptakan kesuburan. Adapun persembahan yang dilakukan hari ini sebagai wujud syukur atas anugerah kesuburan di bumi.

tirto.id - Hari Raya Nyepi merupakan hari besar keagamaan Hindu yang jatuh pada tahun baru Saka berdasarkan pada penanggalan atau kalender Caka.

Meski demikian, Hari Raya umat Hindu bukan hanya Nyepi, nama hari besar keagamaan hindu lainnya ada Galungan, Kuningan, hingga Hari Raya Saraswati.

Di Indonesia, Hari Raya umat Hindu terbagi pada dua jenis, yaitu hari raya berdasarkan kalender saka (Nyepi dan Siwaratri) dan berdasarkan kalender Bali (Galungan, Kuningan, Saraswati, Banyu Pinaruh dan Pagerwesi).

Hari Raya Siwaratri

Siwaratri merupakan sebuah festival dan hari raya umat Hindu yang diselenggarakan setiap tahun untuk memperingati Dewa Siwa. Festival ini dikenal juga dengan sebutan padmaraja ratri.

Alternatif nama atau sebutan adalah Maha Siwaratri. Siwaratri secara harfiah berarti malam agung Dewa Siwa.

Festival ini diperingati setiap tahun pada malam ke-13/hari ke-14 di bulan Magha dalam penanggalan Hindu.

Festival ini dirayakan dengan mempersembahkan daun Bael atau Bilwa kepada Dewa Siwa, sepanjang hari berpuasa dan sepanjang malam begadang.

Sepanjang hari seluruh pemuja Dewa Siwa akan melafalkan mantra suci Pancaksara yang didedikasikan kepada Dewa "Om Nama Siwaya".

Hari Raya Kuningan

Kuningan adalah salah satu hari raya umat Hindu yang menjadi lanjutan dari rangkaian hari raya Galungan. Pelaksanaannya bertepatan 10 hari setelah perayaan Galungan.

Kuningan yang bermakna warna kuning dan wuku ke 12. Wuku merupakan penanggalan tradisional di Bali dengan memperhitungkan 1 wuku setara dengan 7 hari. Jumlah total hari pada kalender wuku adalah 420 hari dalam satu tahun.

Sementara itu, Kuningan akan dirayakan setiap 210 hari pada hari Saniscara Kliwon, wuku Kuningan.

Saat hari raya Kuningan tiba, semua umat Hindu akan menyampaikan hatur sembah untuk memohon keberkahan, keselamatan, dan kesejahteraan untuk semua umat. Umat Hindu juga melakukan tuntunan ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

Menyambut Tahun Naga Hari Raya Imlek 2024

Bogor –  Sudahkah kamu memrencanakan liburan Hari Raya Imlek? Maksimalkan hari Raya Imlek mu bersama keluarga dengan aktivitas seru di Royal Safari Garden, kira – kira ada apa aja ya, yuk kita simak!

Imlek adalah perayaan yang dirayakan oleh masyarakat Tionghoa dan beberapa kelompok etnis di seluruh dunia. Tanggal Imlek berubah setiap tahunnya karena didasarkan pada kalender lunar Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili jatuh pada hari Sabtu, 10 Februari 2024. Tahun Baru Imlek 2575 bertepatan dengan hari libur akhir pekan, yang berbeda dengan kalender Gregorian yang umum digunakan dan ditahun ini bertepatan dengan Tahun Naga Kayu.

Tahun Naga Kayu 2024 diyakini sebagai tahun yang penuh energi dan dorongan untuk bertumbuh. Gabungan simbol Naga dan Kayu dianggap memiliki keberuntungan dan kegagahan dan diyakini akan mendorong pertumbuhan, kemajuan, dan kelimpahan.

Perayaan Imlek biasanya diwarnai dengan berbagai tradisi, upacara, dan kegiatan. Royal Safari Garden selalu memberikan aktivitas pengalaman baru untuk pengunjung yang datang untuk berlibur bersama orang tersayang, ditambah saat ini sudah memasuki Hari Raya Imlek, terdapat aktivitas seru yang wajib kamu ikuti.

Dengan booking Year Of Dragon Chinesse New Year Package start from IDR 2,202,000 nett/night  kamu sudah mendapatkan Breakfast, Gala Dinner for two pax, Special Entertaint Barongsai, Yu Sheng Ceremony, Traditional Chinnese Dance, Couple Dance, Acrobatic, Special Animal Show, Live Music, Games and Doorprice, dan bagi – bagi angpo yang berlokasi di Desavana Restaurant.

Buatlah liburan imlek mu dengan pengalaman baru bersama keluarga dan orang terdekat mu di Royal Safari Garden. Jadi tunggu apalagi booking sekarang juga karna diskon terbatas. Liburan ke Puncak?, Ya di Royal Safari Garden! Kamu bisa baca artikel menarik lainnya disini ya (klik disini)

IG: @royalsafari_garden

www.royalsafarigarden.com

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Desember 2024, Hari Bhatara Sri

Hari Bhatara Sri merupakan hari raya umat Hindu untuk menghormati Bhatara Sri, dewi kemakmuran, kekayaan, padi, dan kesuburan. Hari raya ini dirayakan setiap 210 hari sekali atau enam bulan sekali. Saat perayaan Hari Bhatara Sri, umat Hindu berkumpul dan berdoa di tempat yang terdapat bahan pangan, seperti sawah atau lumbung padi.